[Artikel] Operasi Plastik di Korea

Memiliki wajah yang indah merupakan salah satu modal yang penting untuk terjun ke dunia artis. Tak heran jika banyak artis yang berusaha semaksimal mungkin untuk merawat wajah dan menjaga tubuhnya demi tampil di layar kaca. Bila ini saja tidak cukup, maka operasi plastik menjadi pilihan mereka. Hal inilah yang terjadi di Korea.

Demam Operasi Plastik di Korea

Meski dunia artis tidaklah asing oleh operasi plastik, Korea tetaplah tempat yang mengejutkan apabila kita membicarakan hal tersebut. An Example, Yoon Won Joo dari Mingo Clinic mengatakan bahwa 90% penyanyi muda yang akan memulai debutnya melakukan operasi plastik.

Untuk operasi plastik, para artis dan manajemennya rela merogoh kocek 10-20juta won untuk menjalani sekitar 10-20 perawatan kosmetik (berarti 1 perawatan 1juta won donk…waahhh…), meliputi botoks dan beragam bentuk implantasi. Ini karena mereka percaya bahwa artis harus berwajah indah saat mereka disorot kamera.

Bahkan, di televisi Korea ada kebijakan bahwa apabila ada pembawa acara yang terlihat memiliki keriput akan sedikit disorot bahkan tidak sama sekali. Dengan semakin kerasnya persaingan dan tuntutan akan kesempurnaan itulah para artis2 dan manajemennya memutuskan untuk membuat wajah mereka indah dan sempurna secara instan yaitu operasi plastik.

Hadiah Ulang Tahunku? Operasi Plastik

Akan tetapi, bukan hanya artis Korea yang melakukan operasi plastik. Orang awam juga melakukannya, dan kebanyakan mereka adalah para remaja2 Korea. Mendapatkan hadiah ulang tahun atau kelulusan berupa operasi plastik merupakan hal biasa di Korea. Bahkan klinik2 untuk operasi plastik sudah sangat banyak menyebar di Korea. Tak heran, bila konon kabarnya 50% wanita Korea yang berusia dua puluh tahunan pernah melakukan operasi plastik.

Bahkan, orang tua menyarankan anaknya untuk melakukan operasi plastik. Ini karena mereka percaya bahhwa dengan memiliki wajah yang menarik, anak mereka bisa mendapat pasangan dan karier yang lebih bagus.
Korea sendiri merupakan negara dengan persaingan yang amat ketat (gak heran dech kalo banyak kasus bunuh diri disana,,,persaingannya aja kayak gtu…ckckckck). Tingkat pengangguran di Korea mencapai 12%. Diikuti dengan kewajiban memasang foto apabila ingin melamar kerja, tidak heran jika para pencari kerja (termasuk artis) berusaha menampilkan wajah seindah mungkin dengan cara apapun, termasuk dengan jalan operasi plastik.

Cantik di Mata Korea

Mengapa Korea begitu tergila-gila dengan operasi plastik? Mungkin jawabannya ada di media. Dengan semakin merasuknya budaya Barat, maka terjadi perubahan konsep kecantikan di Korea. Hal ini ditampilkan dan diekspos di media.

Cantik berarti memiliki mata yang besar, hidung mancung, kulit yang pucat seperti orang Eropa (padahal orang Eropa aja pengen kulit sawo matang kaya orang Indonesia,,hahaha), tubuh yang tinggi, serta bibir dan dagu yang mungil. Intinya, berusaha terlihat se-Eropa mungkin.

Hal ini berbeda dengan kecantikan Korea asli yang umumnya memiliki wajah bulat dan mata sipit. Tidak heran jika operasi plastik yang paling populer adalah operasi penambahan lipatan pada kelopak mata (double eyelid) serta operasi hidung (nose job).

Dalam sebuah survei diungkapkan bahwa wajah artis Korea yang ingin ditiru adalah Jang Dong Gun untuk laki-laki dan Song Hye Gyo untuk perempuan.

Artis Korea Yang Mengakui Operasi Plastik

Meskipun banyak artis Korea yang melakukan operasi plastik, tetapi hanya sedikit saja dari mereka yang berani mengakui ke hadapan publik. Sebagian artis tutup mulut dan membiarkan fans mereka untuk mengira-ngira di internet apakah mereka artis Korea yang melakukan operasi plastik atau tidak?

Ini mungkin dikarenakan adanya label buruk yang dilekatkan pada artis korea yang melakukan operasi plastik. Mereka tidak mau dianggap menipu, tidak percaya diri, bodoh atau bahkan tidak memiliki kepribadian.

Ini beberapa artis2 Korea yang berani mengakui bahwa mereka melakukan operasi plastik ke hadapan publik :

  • Narsha dan Ga-In penyanyi, anggota GirlsBand Brown Eyed Girls (tidak dijelaskan mereka melakukan oplas pada bagian apa)
  • Chae Rim (operasi hidung)
  • Harisu (operasi kelamin dari laki-laki menjadi perempuan)
  • Park Hyo Sin (double eyelid)
  • Kim Dong Wan member BoyBand Shinhwa (hidung)
  • Kwon Sang Woo (double eyelid)
  • Hwan Hee member duo group Fly To The Sky (beragam)

So, jika lain kali kalian melihat drama Korea, Anda mungkin perlu mempertanyakan keaslian wajah mereka. Dengan semakin tingginya trend ini, hanya waktu yang akan menentukan apakah artis Korea yang melakukan operasi plastik benar2 sukses atau tidak?

Sementara itu mari kita nikmati wajah mereka di televisi dan berharap semoga kita tidak mengikuti mereka. :-) :-D

About these ads

Tentang windyrashinta

biasa-biasa saja...

Posted on 29 April 2011, in Artikel, Korea. Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Saya berharap bisa operasi plastik. karena saya ingin sekali seperti Artis2 korea Selatan.

  2. lw aq suka yg asli asli aja kayak lee yoo won yg cntkx alami-cz low tw low cakepx palsu gmn gtu?seperti lautan tnpa air-brsyukur tu intix-pi lw mrk oplas yi ci hak mreka qt gk leh ngejudge-

  3. apa iya yaaa…. ehm… ga nyangka… wah berarti lebih cantik wanita2 indonesia donk yaaa… kan asli gak oplas… :)

  1. Ping-balik: What do you want ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: