[Info] Manfaat Kimchi

Siapa yang belum tahu Kimchi? Makanan yang berasal dari Korea ini merupakan asinan sayur yang difermentasikan. Jenis sayur yang dapat dijadikan Kimchi beraneka ragam, sesuai selera sang pembuatnya. Namun, sayur yang paling dikenal di luar korea sebagai bahan dasar Kimchi adalah sawi putih dan lobak, yang dicampur bawang putih, bawang merah, daun bawang, cumi-cumi, tiram atau makanan laut lain, jahe, garam, gula, dan tentunya bubuk cabai merah.

Kimchi difermentasikan dalam temperatur yang rendah. Proses pembuatannya alami sehingga tercipta sayuran segar yang baik untuk tubuh. Strain bakteri asam laktat yang menghasilkan bakteriosin dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi. Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang lebih tinggi dari yoghurt. Asam laktat berfungsi untuk memperkaya rasa dan membasmi bakteri-bakteri serta virus yang berbahaya. Singkatnya, Kimchi mengandung zat anti bakteri. Kandungan asam laktat yang tinggi tersebut juga baik untuk pencernaan.
Kimchi berkalori rendah, berserat tinggi, dan mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (riboflavin), kalsium, dan zat besi.

Secara keseluruhan, manfaat kimchi itu :

1. Meningkatkan kekebalan
2. Mencegah kanker
3. Melancarkan metabolime tubuh
4. Mencegah penyakit oleh virus seperti radang usus dan penyakit lambung.
5. Kandungan selulosanya mengobati sembelit
6. Kandungan cabainya mencegah stroke, penyumbatan pembuluh darah, dan gangguan jantung koroner.

Berbagai khasiat diatas membuat Kimchi dinyatakan sebagai salah satu dari lima makanan tersehat di dunia versi Health Magazine.

Selain itu, ketika wabah SARS melanda Asia pada tahun 2003 lalu, Korea aman. Masyarakatnya terbebas dari penyakit mematikan tersebut. Bahkan, kalaupun ada yang terjangkit, orang tersebut bisa sembuh dengan cepat. Diduga, hal tersebut karena kimchi yang banyak dikonsumsi oleh warga Korea. Sejak itu, permintaan ekspor Kimchi dari Korea meningkat. Kimchi menjadi makanan terkenal dan digemari di seluruh penjuru dunia, dan merupakan aset budaya yang sangat berharga bagi Korea.

About windyrashinta

biasa-biasa saja...

Posted on 4 Desember 2010, in Artikel, Korea. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: